Program Studi S1 Akuntansi


Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar didirikan pada tanggal 11 Oktober 1994. Pada saat itu dipimpin oleh Drs. Mushar Mustafa, M.M., Ak yang bekerja sama dengan beberapa dosen dari Universitas Hasanuddin.

April 2018, Prodi Akuntasi UKI Paulus Makassar telah melakukan Re-Akreditasi dan mampu mempertahankan status Akreditasi “B” dengan nilai 326 dan saat ini menjadi program studi yang memiliki nilai tertinggi di UKI Paulus Makassar.

Untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan professional, program akuntansi menerapkan sistem kurikulum yang berbasis pada teknologi informasi melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, prodi Akuntansi merancang kurikulum dan sistem pembelajaran yang mampu membekali sarjana Akuntansi dengan keahlian akuntansi yang selalu update.

Selama ini Prodi Akuntansi telah bekerjasama dengan berbagai instansi untuk mrningkatkan mutu lulusan, antara lain: perusahaan negeri dan swasta, Kantor Akuntan Publik, Kantor Konsultan pajak, untuk kegiatan kuliah kerja nyata profesi (KKNP) dan kedepannya prodi akuntansi akan bekerja sama untuk mengadakan KKN Tematik.

Untuk menunjang kemampuan penelitian dosen-dosen, beberapa waktu lalu program studi akuntansi menyelenggarakan workshop penelitian kualitatif dan kuantitatif pada bulan Desember 2018 dan Maret 2019 dengan menghadirkan pembicara dari Universitas Brawijaya, Malang dan Universitas Hasanuddin.

Prodi Akuntansi juga giat melakukan beberapa kegiatan seperti Collaborative Learning. Collaborative Learning adalah kegiatan studi banding dan studi aplikasi mahasiswa dan dosen Prodi Akuntansi. Collaborative Learning tahun 2019 ini diadakan di beberapa kampus di Bali yang menghasilkan kerjasama dalam bidang akademik, kemahasiswaan dan pengabdian masyarakat.

Selain itu, Prodi akuntansi juga membentuk Accounting Study Club (ASC) yang terdiri dari beberapa mahasiswa yang mendapat pembelajaran khusus dari dosen Prodi Akuntansi guna mengikuti lomba akademik baik dalam kota Makassar maupun skala Nasional. Beberapa prestasi yang telah diraih oleh ASC tahun 2018-2019 ini diantaranya, Juara 2 Lomba Debat Akuntansi se-kota Makassar di Universitas Fajar, Perempatfinal COMPAC di STIE Perbanas Surabaya, Top 20 BAF di Universitas Brawijaya, dan Top 30 UNAC di Universitas Airlangga.