Program Studi S1 Teknik Elektro


Profil Program Studi:

Program Studi Teknik Elektro Universitas Kristen Indonesia Paulus didirikan tanggal 01 Juli 1986 dengan tujuan menyiapkan sumber daya manusia di bidang ilmu Teknik Elektro agar bisa turut serta dalam membangun Indonesia khususnya pada kawasan Timur. Saat ini prodi Teknik Elektro membina 3 (tiga) konsentrasi yaitu Teknik Tenaga Listrik, Teknik Telekomunikasi dan Teknik Elektronika. Prodi Teknik elektro UKI Paulus ter-Akreditasi “B” berdasrkan SK BAN-PT No. 1274/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2018 berlaku 8 Mei 2018 sampai dengan 8 Mei 2023.

 

Fasilitas

Fasilitas penunjang kegiatan akademik di prodi Teknik Elektro antara lain: 6 ruang kelas dilengkapi dengan AC dan proyektor LCD, Laboratorium (Lab. Komputer, Lab. Elektronika, Lab. Telkom, Lab. Aplikasi Telkom, Lab. Kendali, Lab. Listrik) dan perpustakaan yang dilengkapi koneksi internet dan sistem e-library.

 

Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Elektro aktif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik secara mandiri maupun melalui berbagai hibah.

 

 

“Mendidik, Berkarya dan Mengabdi dengan Kasih”

 

Wisudawan dan Alumni

Wisudawan/ti periode Maret 2019 Prodi Teknik Elektro berjumlah 19 orang dengan IPK rata-rata 3.25. IPK tertinggi diraih oleh Bonifasius Tonapa (IPK= 3.86 dengan lama studi 3,5 tahun). Untuk mempersiapkan lulusan, dilaksanakan Bimbingan Karir bagi calon Wisudawan/ti yang melibatkan alumni Teknik Elektro. 20% Alumnus berprofesi sebagai wirausaha dalam berbagai bidang, selain itu alumnus bekerja diberbagai perusahaan Pemerintah maupun Swasta anatara lain: Perbankan, PT. Freeport Indonesia, PT. VALE Soroako, PT. Unocol Indonesia, PT.LG, PT. Telkom, PT. Smartfren, PT. Telkomsel, PT. PLN dan lainnya.

 

Kegiatan Akademik dan Kemahasiswaan

Dalam upaya peningkatan kualitas mahasiswa dan lulusan, Prodi Teknik Elektro didukung dengan Kurikulum Standar Nasional berbasis KKNI dengan beban akademik minimum 144 SKS yang dapat ditempuh selama 3,5 sampai 4 tahun. Staf pengajar terdiri dari dosen tetap dengan Kualifikasi S3= 1 orang, S2= 13 orang, dosen luar biasa 10 orang. Setiap tahun dilaksanakan kegiatan seminar dan Workshop antara lain: Workshop Robotik, Workshop Kelistrikan, Seminar Kewirausahaan, Seminar Teknologi Informasi, Seminar Hasil Penelitian dan Kuliah Umum dengan mengundang pakar dalam bidang elektro dan alumni sebagai narasumber.

Untuk kegiatan kemahasiswaan, Program Studi Teknik Elektro membina Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HME UKI Paulus), Unit Workshop, Komunitas Instalator, Komunitas Robotik dan Komunitas IT. Selain itu terdapat Unit Pengembangan Karakter yang berfungsi melaksanakan dan mengkoordinir kegiatan Ibadah, dan Seminar yang bertujuan peningkatan kualitas karakter dan kreativitas mahasiswa.