Program Studi S1 Manajemen


Deskripsi Profil Jurusan

Program Studi Manajemen di Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKI Paulus) adalah Porgram Studi tertua di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Terdaftar sebagai Program Studi pada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 1980 (berdasarkan SK. Menteri No. 056/0/1980, tanggal 13 February 1980) dengan nama Program Studi Ekonomi Perusahaan. Pejabat yang menanda tangani Surat Kebputusan tersebut adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Daoed Joesoef.

Pada tahun 1986, berdasarkan SK. Menteri Nomor: 015/0/1986, tertanggal 8 January 1986, nama Program Studi Ekonomi Perusahaan diubah menjadi Program Studi Manajemen. Pejabat yang menanda tangani Surat Keputusan tersebut adalah Sekretaris Jenderal Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Joprasonto.

Kemudian penyelenggaraan program studi dilaksanakan pada tanggal 2 september 1986 dengan nomor SK penyelenggara PS: 0456/0/1990, tanggal 26 Juli 1990. Program studi manjemen kemudian mendapatkan akreditas B dengan nomor Akreditasi: 002/BAN-PT/Ak-XI/SI/VI/2008. Pada tahun 2013 tetap dengan akreditasi B dengan nomor akreditasi: 211/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/X/2013 yang berlaku hingga tahun 2018. Selain itu, akreditasi tersebut dapat dipertahankan sampai saat ini setelah direakreditasi pada tahun 2018 dengan nomor akreditasi: 1936/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018 yang berlaku hingga tahun 2023.

Demi menunjang kinerja dosen, pegawai, serta proses pendidikan mahasiswa, prodi Manajemen menyediakan fasilitas-fasilitas seperti laboratorium operasional, laboratorium pemasaran, laboratorium sumber daya manusia, dan laboratorium keuangan. Selain itu prodi manajemen juga memiliki ruangan kuliah yang nyaman dengan dilengkapi pendingin udara (AC), Televisi dan LCD, untuk keamanan pada setiap sudut ruangan lengkapi CCTV, Dengan fasilitas yang dimiliki prodi manajemen, diharapkan proses perkuliahan berjalan baik, sehingga mahasiswa/i dapat menjadi lulusan yang menguasai ilmu manajemen dengan kemampuan kerja yang unggul.

Jumlah lulusan yang telah dihasilkan oleh prodi manajemen sejak awal berdirinya hingga September 2018 sebanyak 3.081 orang. Pada bulan Maret 2019, Wisudawan Prodi Manajemen sebanyak 68 orang, dimana Indeks Prestasi Tertinggi (IPK) 3,88 diraih oleh Adrian Rumussing.

 

Alumni yang Berpengaruh di Program Manajemen

  1. Drs. Yohanis Bassang, M.M. : Wakil Bupati Timika

  2. Drs. Wellin S. Layuk : Ketua DPR Tana Toraja

  3. Drs. Ismail Tallurahi, M.M. : Kepala Dinas Perindustrian Kota Makassar

  4. Yunus Sirundu’ : Kepala Bagian Perdagangan Luar Negeri Perindustrian RI

  5. Dra. Paulina Tarima : General Manajemen PT Mahoni Surabaya

  6. Drs. Max Tahapani : Kepala PLN Kalimantan Timur

  7. Paulus Palamba’, S.E. : Kepala Kabit Serse Ekonomi Polda Sulawesi Utara

  8. Drs. Alfian Sampelintin : Kepala Wilayah Bank BNI Papua

  9. Aprianus A., S.E. : Kepala Cabang Bank Danamon Palopo

  10. Dra. Ch. Jeane Tandirerung : Dosen UKI Paulus, Ketua Jurusan Manajemen

  11. Drs. Agustinus Pasalli, MM, Direktur pada Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo


 


 

Orientasi Kurikulum

Program sarjana manajemen berorientasi pada proses yang bersifat:

  1. Integrated Learning

Seluruh mata kuliah selalu berkesinambung dan terintegrasi sehingga peserta-peserta dapat memahami konsep-konsep manajemen.

  1. Scaffoded Learning

Mata kuliah diikuti secara bertahap sehingga dapat mendalami seluruh konsep manajemen secara berjenjang dan tuntas.

  1. Pracrical Learning

Mata kuliah berorientasi pada praktek dengan melakukan kuliah kerja profesi pada perusahaan, bank dan kantor pemerintah.

Berdasarkan orientasi kurikulum tersebut, diharapkan lulusan prodi manajemen dapat menjadi lulusan yang berkualitas dimana mampu menguasai ilmu manajemen, memiliki kemampuan kerja yang unggul serta pemimpin yang berkepribadian dan berjiwa entrepreneurship.