Program Studi S1 Teknik Informatika


Berdasarkan surat keputusan izin dikti No.796/DT/2006 tanggal 24 Februari 2006. Program Studi (Prodi) Teknik Informatika resmi dibuka di Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKI Paulus) Makassar. Prodi Teknik Informatika berada di bawah naungan Fakultas Teknik, bersama dengan prodi Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Teknik Kimia. Pada tahun 2012 Prodi Teknik Informatika mendapatkan status terakreditasi dengan nomor SK 009/BAN-PT AK-XIV/S/VII/2012. Tahun 2016 tim asesor dari Badan Akreditasi BAN-PT kembali melakukan reakreditasi terhadap prodi Teknik Informatika dan mendapat status terakreditasi dengan nomor SK 0517/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2016. Mengingat akreditasi merupakan hal penting sebagai bagian dari pemberian penilaian pemerintah terhadap perguruan tinggi dan diatur dalam Pasal 60 UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berkualitas.

Berdasarkan Surat Ketetapan (SK) Rektor No. 005/SK/UKIP.02/2018, maka mulai tahun ajaran 2018/2019 lulusan Teknik Infornatika yang berada di bawah naungan Fakultas Informatika dan Komputer  bergelar S.Kom.

Fakultas Informatika dan Komputer  menyasarkan mahasiswa dan lulusan Informatika dapat menguasai dan mampu menerapkan komputasi numerik untuk menyelesaikan masalah dalam bidang rekayasa komputerisasi. Selain itu, menguasai dan memahami teknologi dan konsep pengembangan sistem multimedia, serta dapat mengimplementasikannya. Lulusan Teknik Informatika juga memiliki kemampuan dalam perekayasaan perangkat lunak komputer untuk optimasi kinerja perangkat lunak Mahasiswa yang menjadi peserta didik di Prodi Informatika dilatih untuk memiliki rasa tanggung jawab dalam lingkungan masyarakat dan peka terhadap perubahan sehingga, mampu berkompetisi dengan lulusan perguruan tinggi lain dan berorientasi global.

Fakultas Informatika dan Komputer melantik 18 wisudawan pada Maret 2019 ini. Dimana lulusan terbaik berhasil diraih oleh Lestaria Banne Liling dengan indeks prestasi kumulatif  (IPK) 3,84.

Hermin Arrang, ST, MT. Selaku Ketua Prodi Teknik Informatika berharap agar para wisudawan/ti dapat bekerja sesuai bidang ilmu yang telah diperoleh dalam proses perkuliahan serta dapat bersaing dan menguasai ilmu disiplin agar dapat mengikuti jejak para alumni yang telah berhasil sehingga dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di dunia kerja, dapat bertanggung jawab, jujur, disiplin, dan berdedikasi ketika bekerja

Alumni Teknik Informatika telah merambah ke berbagai bidang pekerjaan dan memegang jabatan-jabatan penting di sektor pemerintahan maupun perusahaan swasta. Diantaranya, Isak Datu Lembang (KEMINFO), I Made G. Sanjaya (IT UNIVERSITAS) TERBUKA), Alton S. Kato (DINAS PU PAPUA), Kristina Paredanun (DINAS PU PAPUA), Asmadi Djasman (BMKS JAKARTA), Haryanti Satriana (IT BNPB MAMUJU), Samriyani Sampawai (IT DINAS PU), Sinyo Bato Sakke (IT BANK PAPUA), Sarlina Numberi (BANK PAPUA), Widyastuti Puspasari (BANK DANAMON) dan lainnya.

Ini membuktikan bahwa mahasiswa yang menjadi alumni dari teknik informatika adalah orang-orang yang telah siap bersaing dalam hal mampu berkompetensi dengan lulusan perguruan tinggi lainnya dan berorientasi global.